BERITA TERBARU HARI INI

BERITA TERBARU HARI INI

Hari Buruh 1 Mei 2024, Dokter Komunitas Singgung Soal Kemerdekaan Laktasi Pekerja Perempuan

BERITA TERBARU HARI INI – Hari Buruh 1 Mei 2024, Dokter Komunitas Singgung Soal Kemerdekaan Laktasi Pekerja Perempuan. Menyambut Hari Buruh atau May Day yang jatuh pada 1 Mei 2024, dokter komunitas Ray Wagiu Basrowi membahas soal kemerdekaan laktasi bagi pekerja perempuan.

Menurutnya, buruh perempuan Indonesia hampir mencapai angka 40 juta orang. Dan 80 persennya akan hamil dan menjadi ibu menyusui.

Jika para buruh perempuan mendapatkan cuti tiga bulan, maka mereka akan kembali bekerja saat anaknya masih memerlukan air susu ibu atau ASI. Sementara, pekerja yang tak dapat memberikan ASI eksklusif rentan mengalami kenaikan hormon stres hingga mengganggu produktivitas di tempat kerja.

“Mereka tidak produktif (saat bekerja) karena laktasinya tidak jalan. Nah, dukungan laktasi di tempat kerja sekarang udah bagus belum? Belum, data terakhir dari Kedokteran Kerja FKUI itu masih ada 50 persen, 1 dari 2 pekerja perempuan di Indonesia data 2020 itu masih menyusui dan pompa ASI di toilet loh,” kata Ray kepada Health Liputan6.com saat ditemui di Jakarta Selatan, Selasa (30/4/2024).

Data kualitatif juga menunjukkan, 8 dari 10 pabrik di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) belum menerapkan program promosi laktasi. Padahal, undang-undangnya sudah ada.

“Nah, yang seperti ini harusnya jadi bagian dari perjuangan buruh. Jangan tinggalin perjuangan kesehatan, itu dampaknya gede banget lho. Dan itu kewajiban perusahaan yang harus dipenuhi,” jelas pengajar bidang Kedokteran Kerja di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) itu.

Serikat Buruh Perlu Mulai Perjuangkan Hak Kesehatan Pekerja

Hari Buruh 1 Mei 2024, Dokter Komunitas Singgung Soal Kemerdekaan Laktasi Pekerja Perempuan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas